Selasa, 07 April 2009

Tugas 2 summary guide for a small retailer company about the stages that are necessary in the creation of a web site and the management issues involve

LANGKAH UNTUK MEMILIKI WEBSITE DI INTERNET


Langkah dan apa saja yang Anda butuhkan untuk memiliki sebuah Website di Internet?

http://techscape.co.id/m/orangearrow.gif

LANGKAH 1: DAFTARKAN DOMAIN ANDA DAN SEDIAKAN SPACE UTK WEBSITE ANDA!

Pertama Anda akan membutuhkan sebuah Alamat Website (domain/URL) yang mudah diingat, agar pengguna Internet dapat dengan mudah menemukan Website Anda. Untuk itulah Anda akan membutuhkan "Nama Domain" (misalnya alamat domain berupa "www.PerusahaanAnda.com" atau "www.PerusahaanAnda.co.id").

Dengan membeli Nama Domain tersebut, pengguna Internet cukup mengetik "www.PerusahaanAnda.com" di Internet Explorer (browser) mereka untuk mengunjungi Website Anda. Sebagai contoh: untuk membuka Website Yahoo!, Anda cukup mengetik "
www.yahoo.com" atau "yahoo.com" ke Internet Explorer Anda (tanpa www dan dengan www sama saja, nama domain bahkan tak mengenal huruf besar dan kecil). Nama Domain tersebutlah yang akan mengantarkan pengguna internet ke Website Anda!

Setelah Anda mendapatkan alamat Website/Nama Domain Anda, kini Anda akan membutuhkan sebuah layanan yang dinamakan Web Hosting.

Untuk memiliki sebuah Website, Anda akan memerlukan "Tempat" (umumnya disebut "Space") berupa Hard Disk di sebuah komputer/server untuk meletakkan halaman-halaman (file) Website Anda. Halaman-halaman tersebutlah yang akan diakses oleh seluruh pemakai Internet di dunia kapan saja.

Bayangkan, tanpa layanan Web Hosting.. website Anda tidak akan dapat online non-stop 24 jam!

Sejak itulah perusahaan Web Hosting eksis dan dibutuhkan. Perusahaan Web Hosting menyediakan perlengkapan Hardware, Software, Bandwidth, Data Center dan Layanan Teknis yang Anda butuhkan tanpa harus Anda yang melakukannya sendiri.

Web Host bagaikan seorang Pemilik Gedung. Pemilik gedung menyewakan toko-toko kepada pelaku bisnis. Setiap pelaku bisnis mendekorasi dan menjalankan tokonya dengan cara yang berbeda tanpa harus khawatir dengan masalah perawatan gedung. Dengan cara yang sama Web Host menyewakan Tempat/Space di sebuah komputer/web server kepada pelaku bisnis internet. Setiap pelaku bisnis membangun Websitenya masing-masing tanpa harus khawatir dengan perawatan web server.

Dengan kata lain, layanan Web Host menyediakan tempat di Internet di mana Website Anda tinggal. Itu jauh lebih murah daripada Anda membeli web server Anda sendiri dan Anda tidak perlu menggaji Teknisi untuk perawatan server Anda.

http://techscape.co.id/m/orangearrow.gif

LANGKAH 2: SIAPKAN BAHAN, DESIGN & LENGKAPI WEBSITE ANDA!

Anda harus mengumpulkan bahan-bahan yang akan anda muat di Internet, dapat berupa text, gambar/foto atau suara. Atau segala sesuatu yang dapat Anda scan melalui scanner Anda.

Untuk text Anda harus merubahnya ke dalam file yang berformat HTML (umumnya berakhiran .htm atau .html) agar dapat dibaca oleh program Internet Explorer (browser Anda).

Untuk gambar/foto, Anda harus merubahnya ke dalam file yang berformat JPEG atau GIF (biasanya berakhiran .jpg dan .gif) agar dapat dibaca oleh program Internet Explorer (browser Anda). Anda dapat membuatnya dengan program gambar seperti Paint yang telah tersedia di Windows 98/2000/XP/Vista anda atau dengan software gratis yang lebih baik seperti GIMP atau software komersil seperti: Photo Shop, Fireworks, Corel Draw/Photo Paint, Paint Shop Pro, atau software grafik lainnya.

File text & gambar tersebutlah akan diakses oleh pengguna Internet. Selanjutnya Anda cukup meng-upload file tersebut ke server Anda dengan software FTP.

http://techscape.co.id/m/orangearrow.gif

LANGKAH 3: PROMOSIKAN WEBSITE ANDA!

Salah satu langkah membuat website Anda berhasil adalah mempromosikannya. Sungguh sayang apabila Anda memiliki website yang bagus tetapi tidak ada yang mengenalnya. Ada banyak cara untuk mempromosikan website Anda (iklan banner, dari mulut ke mulut, beriklan di iklanbaris, beriklan di media massa, membagi brosur, dan lain-lain). Tetapi salah satu cara yang paling penting dan terbukti efektif adalah dengan pertukaran banner.

http://techscape.co.id/m/orangearrow.gif

LANGKAH 4: ANALISA HASIL WEBSITE ANDA!

Setelah Anda mempromosikan website anda dapat melihat statistik jumlah pengunjung perhari, perminggu, perbulan, mayoritas dari negara apa, ISP mana, masuk dari website mana dan lain sebagainya. Anda bahkan dapat mengetahui di mana iklan Anda paling efektif untuk dipasang.
Apabila website Anda memiliki jumlah pengunjung yang tinggi, Anda bahkan dapat menerima pemasangan banner/iklan di website Anda (yang berarti penghasilan tambahan untuk bisnis internet Anda).

MANAGEMENT ISSUES

Adapun beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam membuat website, antara lain:

  1. Concept, yang merepresentasikan keunikan website dan ide yang dibawakan, Content, isi dari website itu sendiri apakah sejalan dengan tujuan yang diinginkan perusahaan

  2. Domain dan hosting, tentunya organisasi harus mendaftarkan alamatü situs yang tidak hanya mudah diingat, namun juga dapat merepresentasikan ruang lingkup, tujuan atau motto.

  3. Design layout, sebagai sarana marketing, tentunya kita juga harusü mempertimbangkan target market yang akan mengakses website. Oleh karena itu design layout sebaiknya sesuai dengan karakteristik target market, misalnya pemilihan desain sesuai dengan usia, atau kemudahan penggunaan sesuai pendidikan

  4. Security, bagian yang sangat vital dari sebuah website adalahü security, anda harus menjamin bahwa website anda aman untuk dikunjungi, dan aman dari serangan-serangan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  5. Update, sangatlah penting untuk terus tanggap terhadap perubahan danü trend terbaru. Jika perusahaan anda jarang mengupdate isi / content dari website, maka pengunjung tidak akan sering mengunjungi website anda.

  6. Maintenance, perawatan tentunya sangat diperlukan untuk menjamin keberlangsungan website.

Lalu bagaimanakah sebaiknya yang harus dilakukan perusahaan retail kecil-menengah apabila ingin membuat website?
Biasanya perusahaan retail kecil-menengah memiliki segmen pasar masyarakat kelas bawah-menengah, dimana dalam hal ini desain yang tidak rumit, kemudahan bahasa dan penggunaan menjadi pertimbangan utama. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan menggunakan bahasa indonesia pada petunjuk, serta link yang tidak terlalu banyak. Sebagaimana umumnya bisnis retail dimana pergerakan barang dan distribusi yang cepat, maka konsep website harus mengandung pesan keandalan, kecepatan dan dapat dipercaya.
Domain sebaiknya bukan merupakan suku-kata yang terlalu panjang agar mudah diingat
Informasi produk yang singkat dan padat juga tidak kalah pentingnya. Dalam bisnis retail, apalagi di Indonesia, harga menjadi nomor satu. Update website dari sisi harga produk harus terus dilakukan agar dapat terus menarik konsumen

sumber: http://techscape.co.id/hosting/prosedur.ts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar