Selasa, 31 Maret 2009

Tugas 1

For an organization you are familiar with, examine the alternative business and revenue models afforded by the Internet and assess the options for the type and location of e-commerce transitions.


ALI BABA.COM

Business Model

Alibaba.com adalah website yang dirancang untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Dalam website ini Penjual dan pembeli dari berbagai negara menawarkan bermacam-macam produk seperti:

· Agriculture

· Apparel

· Computer hardware&software

· Automobile

· Furniture

· Home appliances

· Toys

· Office supplies

· Dan lain-lain

Salah satu competitor terbesar alibaba adalah eBay, website ini terkenal sebagai tempat belanja online yang aman. Barang-barang atau produknya bermacam-macam. Mulai dari produk bekas pakai, sampai produk-terbaru.

Kalau eBay sukses di business-to-consumer (B2C), maka Alibaba.com di business-to-business (B2B).

KELEBIHAN ALI BABA.COM:

Untuk Suppliers!

· Dapat menjangkau pembeli/pelanggan yang berada di lebih dari 200 negara pada berbagai belahan dunia

· Perusahaan dan produk anda dapat di promosikan sesuai kemauan anda

· Mencari dang berkomunikasi dengan pembeli/pelanggan internasional secara real-time

· Selalu ter-update dengen berita-berita dan informasi-informasi terkini dari industri yang ada

Untuk Buyers!

· Dapat mengakses berjuta-juta supliers dari berbagai belahan dunia

· Tidak terdapat batasan pembelian yang di lakukan secara online

· Memanfaatkan “Professional trade management tools”

· Dapat mengetahui Informasi mengenai pengangkutan/pengiriman forwarders), dokumentasi pengiriman dan pengendalian mutu Inspeksi dan lain sebagainya

Marketplace Position

Alibaba.com sebenarnya tidak memproduksi barang-barangnya sendiri. Website ini hanya memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli secara horisontal. Baik penjual dan pembeli ini adalah Customer bagi eBay maupun Alibaba.com. Posisi alibaba.com adalah sebagai neutral site yaitu independent evaluator intermediaries yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan antara produk dan harga yang akan menghasilkan pembelian di site yang dituju.

Revenue model

Alibaba.com sebagai pihak ke-3 membantu mempertemukan penjual dan pembeli. Sistem keuntungan Alibaba.com berasal dari komisi ketika terjadi transaksi antara penjual dan pembeli dan dari banner-banner dan iklan yang di display di website mereka (CPC(cost per click) advertising on site) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar